Website Resmi Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur
" Panganku Beragam, Bergizi, Tersedia Cukup dan Terjangkau "

Lomba Cipta Menu Hari Pangan Sedunia ke 33

Minggu, 03 Agustus 2014

Setiap manusia ingin hidup sehat, sejahtera, aman dan produktif. Untuk hidup sehat dan produktif, manusia memerlukan pangan berupa karbohidrat, protein, vitamin, lemak dan mineral. Masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda, ada yang sebagai sumber tenaga, sumber zat pembangun dan sumber zat pengatur. Dahulu dikenal dengan pola makan 4 sehat 5 sempurna, seiring dengan berjalannya waktu, kebutuhan dan perubahan tingkat ekonomi saat ini dikenal pola makan 3B (Beragam, Bergizi, Berimbang), bahkan sekarang telah disempurnakan menjadi B3A (Beragam, Bergizi, Berimbang dan Aman).

Guna memotivasi masyarakat dalam mengkonsumsi makanan yang sehat, beragam, bergizi, berimbang dalam jumlah yang cukup, tidak berlebih dan berkurang perlu dilakukan sosialisasi secara terus menerus maupun gerakan dan kampanye konsumsi pangan B3A.

Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta mengadakan berbagai kegiatan, antara lain kampanye, sosialisasi menu pangan B3A serta lomba cipta menu pangan B3A. Cipta Menu Beragam, Bergizi, Berimbang dan Aman berbasis Sumberdaya pangan lokal dilakukan rutin setiap tahun merupakan bentuk Sosialisasi Konsumsi Pangan Beragam, Bergizi, Berimbang dan Aman. Tujuan dari kegiatan ini adalah mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat pada umumnya dan ibu rumah tangga khususnya dalam memilih, menentukan, menyusun dan menciptakan Menu Beragam, Bergizi, Berimbang dan Aman berbasis bahan pangan lokal. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat lebih memasyarakatkan pada keluarga untuk mengkonsumsi aneka makanan Beragam, Bergizi, Berimbang dan Aman untuk kebutuhan sehari-hari, serta membiasakan keluarga untuk mengkonsumsi aneka makanan Beragam, Bergizi, Berimbang dan Aman untuk kebutuhan sehari-hari.


Tags :


« kembali ke berita