Website Resmi Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur
" Panganku Beragam, Bergizi, Tersedia Cukup dan Terjangkau "

Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA)


PENGANEKARAGAMAN KONSUMSI PANGAN BERAGAM BERGIZI SEIMBANG DAN AMAN

 

Penganekaragaman konsumsi pangan beragam bergizi seimbang dan aman bagi masyarakat adalah salah satu upaya pemenuhan gizi setiap individu untuk mendukung hidup sehat, aktif dan produktif. Indikator untuk mengukur tingkat keanekaragaman dan keseimbangan konsumsi pangan masyarakat yaitu dengan Skor Pola Pangan Harapan (PPH) yang ditunjukkan dengan nilai 95 dan diharapkan dapat dicapai pada tahun 2020.

Beberapa hasil kajian menunjukkan ketersediaan pangan yang cukup terbukti tidak tidak menjamin perwujudan ketahanan pangan pada tingkat wilayah (regional), rumah tangga dan individu. Hal ini membuktikan bahwa ketersediaan saja tidak cukup apabila tidak dapat diakses dan dikonsumsi oleh masyarakat dalam jumlah dan kualitas yang baik. Data menunjukkan bahwa proporsi rumah tangga yang kekurangan gizi masih tinggi. Dari segi fisiologis juga dikatakan untuk hidup sehat, aktif dan produktif manusia memerlukan lebih dari 40 zat gizi yang terdapat pada berbagai jenis makanan, sebab tidak ada satupun jenis pangan yang lengkap gizinya selain Air Susu Ibu (ASI). Berkaitan dengan hal tersebut, penganekaragaman kondisi pangan menjadi salah satu pilar utama dalam mewujudkan ketahanan pangan melalui kemandirian dan kedaulatan pangan.

Secara umum upaya penganekaragaman pangan sangat penting untuk dilaksanakan secara masal, mengingat trend permintaan terhadap beras kian meningkat seiring dengan tingginya pertumbuhan penduduk. Selain itu pemberian beras bagi keluarga miskin (Raskin) juga mendorong masyarakat yang sebelumnya mengkonsumsi pangan pokok selain beras menjadi mengkonsumsi beras (padi). Sementara itu pemanfaatan pangan lokal sebagai sumber pangan pokok masih belum optimal.

Manfaat Beras Cerdas

leaflet B2SA

Leaflet bisa di unduh disini