Website Resmi Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur
" Panganku Beragam, Bergizi, Tersedia Cukup dan Terjangkau "

Beras Cerdas


BERAS CERDAS

Konsumsi sebagian besar masyarakat di Indonesia adalah konsumsi beras yang konsumsi perkaitanya masih sangat tinggi, hal ini disebabkan beras telah menjadi food habit masyarakat Indonesia sehingga beras dianggap sebagai komoditas pangan yang  paling pokok dan tidak pernah ditinggalkan meski dalam kondisi sesulit dan seberat apapun. Hal tersebut memperlihatkan bahwa begitu tinggi ketergantungan masyarakat Indonesia pada beras yang memicu meningkatnya kebutuhan akan beras yang tidak diimbangi dengan tingkat pertumbuhan produktifitas padi.

Hal inilah yang selanjutnya mendorong inovasi teknologi dalam penyediaan bahan pangan pokok setara beras dengan memanfaatkan pangan lokal yang mudah ditemui dan sudah akrab di lidah masyarakat Indonesia yang selanjutnya dikenal dengan nama beras analog. Di Jawa Timur sendiri, jenis pangan lokal yang dikembangkan menjadi bahan baku beras analog yaitu singkong dan jagung mengingat ketersediaan kedua bahan tersebut cukup banyak di Jawa Timur. Penelitian terdahulu telah membuktikan bahwa dengan teknik-teknik tertentu  MOCAF dapat digunakan sebagai bahan sumber pangan yang sangat baik, seperti beras analog. MOCAF adalah produk tepung dari singkong yang difermentasi oleh mikrobia BAL (Bakteri Asam Laktat).

Untuk mewujudkan gagasan ini, Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Universitas Jember. Dan dalam perkembangan selanjutnya Beras Analog Jawa Timur dikenal dengan nama BERAS CERDAS atas dasar pertimbangan bahan baku yang digunakan, proses pembuatan, alat yang digunakan sampai dengan manfaat yang diperoleh dengan mengkonsumsinya.

PERSIAPAN DAN PELAKSANAAN

Tahun 2011 Badan Ketahanan Pangan bekerjasama dengan Universitas Jember berupaya mengembangkan bahan pangan pokok alternative pengganti beras berbahan baku pangan lokal.

Tahun 2012, Badan Ketahanan Pangan bekerjasama dengan Universitas Jember berupaya mengembangkan Prototype Alat Pengolah Beras Cerdas dan merintis Industrialisasi Beras Cerdas di Jawa Timur dengan menggandeng 4 (empat) kelompok usaha/UKM.

Tahun 2013, Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur melaksanakan berbagai upaya sosialisasi dan promosi Beras Cerdas serta kembali mendirikan 3 (tiga) buah mini pabrik Beras Cerdas.

Tahun 2014-2015, Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur melanjutkan upaya Sosialisasi Beras Cerdas melalui berbagai kegiatan diantaranya : Pameran, Tayangan TV, Lomba Cipta Menu, Kantin Sekolah, dll.

PRESTASI/KEBERHASILAN

  1. Berdasarkan uji organoleptik pada parameter rasa, 22 % panelis member skor 4 (suka), 61 % panelis member skor 5 (sangatsuka), dan 8,3 % panelis member skor 6, artinya memiliki tingkat kesukaan di atas skor yang ditentukan.
  2. Pada pengujian tingkat kesukaas aroma, 19,4 % panelismemberiskor 4 (suka), 58,3 % panelismemberiskor 5 (sangatsuka) bahkan 11,1 panelismemberiskor 8 (lebihdarisangatsuka).
  3. Dari uji hipoglisemik yang pada pasien diabetes mellitus. Konsumsi beras cerdas selama tiga minggu telah terbukti bias menurunkan kadar gula darah pasien diabetes mellitus rata-rata sebesar 24,2 persen. Oleh karena itu, beras cerdas tersebut baik untuk digunakan sebagai diet bagi para penderita diabetes mellitus

Beras Cerdas memiliki keunggulan nutrisi, diantaranya :

  1. Kaya Serat (dietary fiber), manfaat serat untuk tubuh kita :
  • Membuat perut kenyang, mengurangi masalah pencernaan, dan memangkas resiko kanker kolon.
  • Membantu mengatur kadar gula darah dan insulin.
  • Melindungi jantung (memperlambat timbulnya plak oleh kolesterol dan menurunkan kolesterol jahat).
  • Membantu kerja usus, mengurangi resiko wasir, serta meningkatkan kecepatan melenyapkan zat-zat berbahaya dalam makanan.
  • Membantu mengatasi iritasi pada usus.
  1. Kaya Antioksidan, yang memiliki manfaat diantaranya :
  • Menstabilkan kelebihan radikal bebas dalam tubuh
  • Mencegah kerusakan sel tubuh
  • Mencegah berbagai penyakit seperti tumor dankanker
  1. Kaya Vitamin, Mineral, folat yang memiliki manfaat :
  • Menjaga vitalitas tubuh
  • Mempercepat penyembuhan penyakit
  • Memacu pertumbuhan dan memperkuat kekebalan tubuh
  • Memacu produksi sel darah merah, Mencegah anemia, insomnia dll

Kembali